PEMBELAJARAN 1
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
KI 3 :Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 :Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Membangun pendapat pribadi
tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan
tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan
dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.3 Menilai kejadian yang
terdapat di dalam cerita.
4.5.3
Menjelaskan alasan penilaian cerita secara lisan dan tulisan
IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator:
3.8.3 Mengidentifikasi dampak
pemanfaatan teknologi bagi keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.
4.8.3 Memberikan contoh
pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi kelestarian sumber daya alam.
IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan
budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi
kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan,
sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Indikator:
3.3.3 Membandingkan jenis
pekerjaan yang terlibat dalam suatu kegiatan ekonomi.
4.3.3 Melaporkan jenis pekerjaan
berdasarkan suatu kegiatan ekonomi.
A.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca
cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menilai cerita dengan detail.
2. Setelah membaca
cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menjelaskan alasan dari penilaian
cerita secara lisan dan tulisan dengan detail.
3. Setelah
mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu
mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam
dengan tepat.
4. Setelah
berdiskusi, siswa mampu mengembangkan laporan tentang pemanfaatan teknologi
yang ramah lingkungan bagi keberadaan sumber daya alam dengan benar.
5. Setelah
mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam
suatu kegiatan ekonomi dengan rinci.
6. Setelah
Peke
D. Materi Pembelajaran
Ayo Membaca
6. Setelah
Peke
D. Materi Pembelajaran
Ayo Membaca
Nelayan
(Karya : Ratna Juwita)
Tak
ada apapun yang mampu membuatnya tertidur dengan lelap di malam yang dingin
itu. Bayangan anak –anaknya yang tengah tertidur dengan pulas terus membayangi
benaknya. Ia segera terjaga saat jala putih di ufuk timur merajut langit malam
dengan perlahan. Ia membangunkan istrinya yang tertidur disamping anak-anaknya
dan mengambil jala disamping tempat tidurnya yang beralaskan kardus.
“Sepertinya akan ada badai.”, kata istrinya
sembari melihat langit diatas laut yang luas itu. “Apa kau yakin akan menangkap
ikan hari ini?”, tanyanya dengan perasaan khawatir. Suaminya segera tersenyum
dan keluar dari gubuk kecilnya yang terletak di tepi pantai.
“Jika aku tidak menangkap ikan, apa yang akan
kita makan?”, tanyanya balik kepada istri yang sangat dicintainya itu. Ia tidak
bisa tertidur jika ia belum menangkap seekor ikanpun di laut untuk istri dan
ketiga anaknya. Ia tulang punggung keluarga dan ia sangat mengerti kewajibannya
untuk menafkahi keluarganya.
Istri
nelayan itu hanya terdiam walaupun sebenarnya ia sangat gelisah. Ia tau akan
ada badai sebentar lagi dan suaminya nekat mencari tangkapan untuk hari ini.
Nyawalah yang akan dipertaruhkan suaminya apabila benar akan ada badai besar
disana. Ia menggigit bibir untuk menahan kegelisahannya, hanya diam saat
suaminya mencium keningnya dan menaiki perahu kecil yang sehari-hari
menemani suaminya menagkap ikan di laut. Perlahan, suaminya mendayung perahu ke
tengah lautan.
Beberapa
menit setelah suaminya mendayung perahu ke tengah lautan, angin kencang
berhempus dengan ganas. Ia hanya terduduk ketakutan sembari mendengar deburan
ombak setinggi 3 meter yang perlahan menyapu pantai secara bergantian. Ia
menggigil dan berlari ke gubuk kecilnya. Ia membangunkan ketiga anaknya dengat
perasaan kalang kabut. Salah satu diantaranya ia gendong, dan dua yang lainnya
ia gandeng sembari berlari menjauhi pantai.
Ombak
itu dengan ganas menyapu gubuknya dan gubuk nelayan lainnya. Semua nelayan dan
keluarganya segera menyelamatkan diri dari gelombang yang seakan tengah
mengamuk itu. Tubuhnya segera melemas ketika mengetahui, ia takkan lagi bisa
mendapatkan nafkah dari suaminya yang tak lagi terlihat berada diatas perahu
yang terombang ambing ditengah lautan yang mengganas itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar