Selasa, 21 Februari 2017

Administrasi Pembelajaran Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013


Selamat pagi Bapak Ibu Guru,,, 
Jumpa kembali,, kali ini kita membahas tentang Administrasi Pembelajaran Matematika SD penerap Kurikulum 2013, dimana untu Kelas 4 SD pembelajaran Matematika terpisah dari pembelajaran tematik.

Secara umum, pembelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kecakapan atau kemahiran matematika. Kecakapan atau kemahiran matematika merupakan bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki peserta didik terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan.

Pembelajaran matematika di SD/MI diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber, mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, pembelajaran diarahkan untuk melatih peserta didik berpikir logis dan kreatif bukan sekedar berpikir mekanistis serta mampu bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.

Silabus mata pelajaran Matematika SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to be learned) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Untuk Bapak Ibu yang memerlukan Silabus Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 silahkan diunduh disini : 

Untuk administrasi perangkat pembelajaran Matematika lainnya seperti Program Tahunan, Program Semester, Pemetaan KI-KD, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) semalam sudah selesai saya buat, silahkan Bapak Ibu downloan pada link dibawah. 
Program Tahunan dibuat untuk satu tahun pembelajaran yang memuat semua KD kelas 4 dalam satu tahun.
Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dibuat pemetanan semua KD matematika.

Silahkan Unduh Aplikasi Administrasi Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013 di bawah :
Jika Bapak Ibu mengalami masalah penggunaan aplikasinya silahkan hubungi saya baik melalui Nomor Hp, Wa, BBM, saling sharing untuk permasalahan pendidikan di sekolah dasar.

Terimakasih,,, salam pendidikan,,,

2 komentar: