Jumat, 08 Juni 2018

Bahan AJar Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 2 Pekerjaan Disekitarku

PEMBELAJARAN 1

A.     Kompetensi Inti (KI)
KI 1      : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2      : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3      :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4      :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.      Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5   Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5   Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.3 Menilai kejadian yang terdapat di dalam cerita.
4.5.3 Menjelaskan alasan penilaian cerita secara lisan dan tulisan


IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator:
3.8.3 Mengidentifikasi dampak pemanfaatan teknologi bagi keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.
4.8.3 Memberikan contoh pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi kelestarian sumber daya alam.

IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Indikator:
3.3.3 Membandingkan jenis pekerjaan yang terlibat dalam suatu kegiatan ekonomi.
4.3.3 Melaporkan jenis pekerjaan berdasarkan suatu kegiatan ekonomi.

A.      C. Tujuan Pembelajaran
1.  Setelah membaca cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menilai cerita dengan detail.
2.    Setelah membaca cerita tentang sosok pekerja, siswa mampu menjelaskan alasan dari penilaian cerita secara lisan dan tulisan dengan detail.
3.   Setelah mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.
4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan laporan tentang pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi keberadaan sumber daya alam dengan benar.
5.    Setelah mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi dengan rinci.
6. Setelah
   Peke

D. Materi Pembelajaran
   Ayo Membaca
Nelayan
(Karya : Ratna Juwita)

Tak ada apapun yang mampu membuatnya tertidur dengan lelap di malam yang dingin itu. Bayangan anak –anaknya yang tengah tertidur dengan pulas terus membayangi benaknya. Ia segera terjaga saat jala putih di ufuk timur merajut langit malam dengan perlahan. Ia membangunkan istrinya yang tertidur disamping anak-anaknya dan mengambil jala disamping tempat tidurnya yang beralaskan kardus.
 “Sepertinya akan ada badai.”, kata istrinya sembari melihat langit diatas laut yang luas itu. “Apa kau yakin akan menangkap ikan hari ini?”, tanyanya dengan perasaan khawatir. Suaminya segera tersenyum dan keluar dari gubuk kecilnya yang terletak di tepi pantai.
 “Jika aku tidak menangkap ikan, apa yang akan kita makan?”, tanyanya balik kepada istri yang sangat dicintainya itu. Ia tidak bisa tertidur jika ia belum menangkap seekor ikanpun di laut untuk istri dan ketiga anaknya. Ia tulang punggung keluarga dan ia sangat mengerti kewajibannya untuk menafkahi keluarganya.
Istri nelayan itu hanya terdiam walaupun sebenarnya ia sangat gelisah. Ia tau akan ada badai sebentar lagi dan suaminya nekat mencari tangkapan untuk hari ini. Nyawalah yang akan dipertaruhkan suaminya apabila benar akan ada badai besar disana. Ia menggigit bibir untuk menahan kegelisahannya, hanya diam saat suaminya mencium keningnya dan  menaiki perahu kecil yang sehari-hari menemani suaminya menagkap ikan di laut. Perlahan, suaminya mendayung perahu ke tengah lautan.
Beberapa menit setelah suaminya mendayung perahu ke tengah lautan, angin kencang berhempus dengan ganas. Ia hanya terduduk ketakutan sembari mendengar deburan ombak setinggi 3 meter yang perlahan menyapu pantai secara bergantian. Ia menggigil dan berlari ke gubuk kecilnya. Ia membangunkan ketiga anaknya dengat perasaan kalang kabut. Salah satu diantaranya ia gendong, dan dua yang lainnya ia gandeng sembari berlari menjauhi pantai.

Ombak itu dengan ganas menyapu gubuknya dan gubuk nelayan lainnya. Semua nelayan dan keluarganya segera menyelamatkan diri dari gelombang yang seakan tengah mengamuk itu. Tubuhnya segera melemas ketika mengetahui, ia takkan lagi bisa mendapatkan nafkah dari suaminya yang tak lagi terlihat berada diatas perahu yang terombang ambing ditengah lautan yang mengganas itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar